Dolan

2 Hari Motret di Jember Fashion Carnaval 2016

Jember fashion carnaval (JFC) pada tahun ini sudah menginjak yang ke 15, yang digelar selama lima hari mulai tanggal 24-28 Agustus 2016 di Kota Jember, Jawa Timur. Pada tahun ini JFC mengusung tema yaitu REVIVAL yang berisi 10 tema unik , antara lain Garuda, Refugees, Olympic, Hortus, Chandelier, Woods, Ocean, Technocyber, Paradisaea dan Barong.
Dengan menempuh runway sepanjang  3.6 Km

Sudah dua tahun yang lalu saya pengen nonton acara ini namun baru tahun ini terkabulnya, maklum bulan Agustus itu adalah bulan yang penuh Agenda dan nyumbang mulai dari 17’an, puasa, lebaran, syawalan, nikahan, sunatan, dll.

Satu bulan sebelum hari H, saya sudah mendaftarkan diri melalui website JFC sebagai Fotografer kategori Hobbies. Biaya pendaftaran memang cukup mahal yaitu 150rb dengan fasilitas seperti Kaos, ID Card, dan stage khusus untuk fotografer dan media.

Saya memilih cara aman ini daripada nanti harus berdesakan dengan penonton lain, sikut-sikutan, kepanasan, belum lagi harus bersaing dengan kelompok bertongsis yang menghalangi kamera. meskipun begitu, istilah “Siapa cepat dia dapat” tetep berlaku disini karena kita harus cepet-cepetan cari posisi motret yang pas di stage yang di sediakan, sebelum ditikung fotografer lain.

Mencari Penginapan

Menjelang event Jember Fashion Carnaval (JFC), kota Jember memang banyak didatangi wisatawan baik domesatik maupun mancanegara, biasanya sebelum ataupun sesudah event JFC mereka akan menyempatkan diri piknik ke Pantai Papuma yang ada di pesisir selatan jember. termasuk saya.

Untuk tingkat hunian hotel juga terjadi peningkatan drastis, awalnya saya disarankan oleh seorang teman untuk booking di Hotel Merdeka, namun setelah saya telepon harganya sudah naik 10%. Akhirnya saya pakai Plan B dengan menginap di JC Homestay karena ini yang paling murah diantara hotel dan penginapan yang lain. meskipun murah, namun sudah cukup lumayan sebagai tempat peristirahatan selama beberapa hari di jember, pelayananya pun juga ramah. Jadi, bagi anda yang akan datang di event JFC tahun depan, bersiaplah untuk booking hotel jauh-jauh hari.

Persiapan Motret

Ada banyak angkutan untuk menuju alun-alun kota jember seperti angkot, taxi, becak, dll. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah datanglah lebih awal untuk mencari lokasi parkir sebelum semua jalanan ditutup oleh panitia ataupun polisi. Pengalaman saya mencari tempat parkir disana susahnya minta ampun apalagi bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, karena minimnya kantong parkir.

Setelah sampai panggung fotografer, pilih posisi duduk paling depan dan kalau bisa maksimal di baris kedua (meskipun datang paling awal resikonya adalah kepanasan), karena jika dapat posisi duduk paling atas maka hasil foto berupa background aspal dan itu kurang sedap dilihat.

Sediakan pula makanan dan minuman karena jika tempat duduk kita tinggal pergi, maka akan diakuisisi oleh fotografer lain dengan wajah datar tak bersalah.

Lensa yang saya pakai saat itu adalah 80-200mm f2.8 untuk motret para talent JFC dan satu lagi sony A6000 untuk motret di posisi wide angle.

Pada akhir acara tepat di kontingen terakhir terjadi hujan deras, entah ini berkah atau musibah setelah panas yang membara sejak tadi siang. Akibatnya para peserta carnaval berlarian menyelamatkan diri sebelum properti yang di kenakanya rusak. Mungkin si pawang hujan sudah tak kuat lagi menahan beratnya air yang siap jatuh ke bumi :d

blog6

Garuda

Garuda

jfc8

jfc11

jfc-olympic

jfc2

jfc6

jfc7

jfc12

jfc13

_aad0205

_aad0035

_aad9793

jfc5

Susi Pudjiastuti

Foto panitia yang bikin gagal focus

Foto panitia yang bikin gagal focus

panggung-jfc

Panggung Fotografer

jfc10

Leave a Comment