Dolan Jepret

25 Tempat Menarik di Jogja Yang Cocok Untuk Foto Prewedding

Ketika memasuki musim orang mau nikah biasanya menjelang dan setelah bulan puasa atau tahun baru, saya sering ditanyai dimana tempat prewedding yang bagus di jogja yang aman, sepi, dan unik. Aku pikir si do’i bakalan ngajakin prewedding nih, Eh.. rupanya cuma ngajak surve ke lokasi-lokasi prewedding ngalor-ngidul sampai nggak jelas arahnya mau kemana -_-

Karena sering ditanyai seperti itu sampai cape jawabnya, apalagi yang tanya orang-orang yang sedikit rada bawel mulai dari pertanyaan Tempatnya keren ngga? Masuknya bayar? Lokasinya sepi? Jalan aspal ? Mobil muat ? ada kamar ganti ? dll.

Maka saya buatkan referensi lokasi prewedding yang ada di jogja dan sekitarnya, baik yang berbayar maupun yang gratis, yang indoor maupun outdoor. Sebenarnya foto prewedding dimanapun dan kapanpun tetap bisa terlihat bagus asal dengan konsep yang matang.

Berikut beberapa referensi tempat beserta referensi fotografer yang ada di jogja. semoga dapat menjawab segelintir pertanyaan diatas.

Lokasi Gratis

1. Gumuk Pasir

foto prewedding gumuk pasir

foto: www.valianphotography.blogspot.com

Ini adalah salahsatu lokasi yang populer untuk foto prewedding, letaknya dekat dengan pantai parangtritis. Kendaraan dan kamar ganti bisa diparkir di warung-warung yang ada di pinggir jalan. waktu yang paling cocok ialah sore hari karena saat pagi hari, pasir sedikit basah karena embun.

2. Runaway Pantai Depok

https://www.facebook.com/LovoPhotography

Foto: www.facebook.com/LovoPhotography

Tak jauh dari gumuk pasir terdapat runaway pantai depok, paling cocok datang di pagi hari atau siang karena jika sudah sore akan banyak dipakai untuk nongkrong para wisatawan maupun warga sekitar sehingga menjadi kurang leluasa.

3. Hutan Pinus Dlingo

foto prewedding hutan pinus dlingo

Foto: www.alvinphotography.co.id

Terletak di daerah dlingo bantul dan berada di daerah perbukitan, ada cukup banyak hutan pinus di sebelah kanan kiri jalan. lokasi yang cukup teduh dan sejuk untuk foto prewedding. di lokasi belum tersedia kamar ganti maupun kamar mandi disini jadi perlu persiapan dari rumah.

 

 

 

 

4. Pantai Goa Cemara

http://valianphotography.blogspot.com/

Foto: www.valianphotography.blogspot.com

Pantai yang berada di jalur selatan pesisir bantul memang terkenal dengan spot yang banyak dengan pohon cemara laut, mulai dari pantai samas, pantai pandansari, goa cemara, dan pantai baru. Meskipun di pinggir pantai namun lokasi cukup teduh bisa untuk konsep foto guling-guling 😀

5. Pantai Bekah

foto pantai bekah

Tempat ini sebenarnya sebuah deretan tebing dan spot untuk memancing yang dikelola oleh Pak Bambang. Yang menarik disini adalah bener-bener tebing diatas laut cocok untuk menikmati sunset di sore hari. Untuk menuju kesana masih cukup berat karena jalan masih berupa tatanan batu dan tanjakan naik-turun, butuh mobil jeep atau landrover untuk menaklukannya.

6. Parang Ndog

foto prewedding parangndog jogja

Foto: www.journalkinchan.blogspot.com

Lokasinya berada di tebing diatas pantai parangtritis, yang juga merupakan lokasi untuk olahraga paralayang. Kendaraan roda empat muat untuk parkir diatas, hanya saja tanjakannya cukup jahanam :)) . parkir dan kamar ganti bisa dilakukan disebuah warung yang hanya ada satu-satunya disana.

7. Puncak Giri Sarangan

foto prewedding pantai sarangan jogja

Foto: www.valianphotography.blogspot.com

Lokasinya berada di paling barat dari pantai krakal dan pantai sarangan. Dulu tempat ini masih berbatu dan cukup sulit untuk naik kesana. Sekarang sudah disemen dan nampak lebih rapi. kondisi terkini bisa di cek di link berikut.  puncak yang cocok untuk menikmati matahari terbenam

8. Pantai Sadranan

foto prewedding pantai sadranan

Foto: www.alvinphotography.co.id

Ini adalah pantai yang popular juga untuk lokasi prewedding, lokasinya berada di sebelah barat pantai sundak. Lokasi yang cocok karena jauh dari tempat pemberhentian kendaraan sehingga tak begitu banyak berseliweran pedagang dan pantainyapun juga relatif lebih bersih.

9. Pantai Pok Tunggal

Foto: www.alvinphotography.co.id

Sebenarnya Pantai pok tunggal ciri khasnya hanya pada satu pohon yang paling menonjol disana, oleh karena itu kenapa disana disebut pantai pok tunggal. dan pohon inilah yang menjadi icon pantai pok tunggal.

10. Pantai Siung

poetrafoto.com

Foto: www.poetrafoto.com

Yang paling popular di Pantai siung untuk prewedding adalah di sisi timurnya yaitu di bukit yang menjorok ke laut. Dari bukit tersebut kita bisa terlihat luas area pantai siung secara keseluruhan. Untuk pasangan yang hendak naik memang cukup curam namun tak terlalu tinggi. Sediakan banyak tisu karena pasti keringat akan keluar segede jagung setelah sampai diatas .

11. Pantai Nglambor

foto prewedding pantai nglambor

Foto: www.avintagecovered.wordpress.com

Pantai ini lebih dikenal dengan underwaternya karena bentuk pantai yang seperti teluk sehingga ombak tidak terlalu besar. saya kira cuma ini satu-satunya pantai di jogja yang bagus untuk snorkling dan sangat cocok untuk foto prewedding dengan konsep underwater di laut.

12.  Pantai Wediombo

foto prewedding pantai wediombo

Foto: www.facebook.com/yanoephotography

Pantai wediombo memang pantai yang agak jauh diantara pantai lainnya, namun disini pantai cukup alami dan masih sepi jadi cukup leluasa memilih spot tanpa terganggu oleh lalu lalang orang.

13.  Goa Jomblang

foto prewedding goa jomblang

Foto: www.alvinphotography.co.id

Goa memang tempat yang cukup extreme untuk tempat prewedding, apalagi goa ini bertipe vertical maka untuk turunpun cukup sulit. Tapi dengan rintangan seperti itu maka konsep prewedding anda pasti tiada duanya.

14.  Waduk Sermo

foto waduk sermo

Tempat ini bisa sepaket dengan kalibiru karena cukup naik beberapa menit saja sudah sampai ke kalibiru. di waduk sermo paling cocok tiba di pagi hari atau sangat pagi sekali lalu menyewa rakit atau perahu dayung sebagai properti disana dengan suasana waduk masih berkabut.

15.  Candi Abang

candi abang

Foto: www.marikitadolan.wordpress.com

Namanya memang candi abang tapi warnanya hijau dan tak ada candinya sama sekali karena yang ada hanyalah gundukan tanah dan rumput, mirip rumahnya teletubbies. Untuk menuju kesana melewati jalan menanjak dan jalan yang agak rusak.

16.  Embung Nglanggeran dan Embung Batara Sriten

foto prewedding embung nglanggeran

Foto: www.panoramio.com – Soga Sugiarto

Dua embung ini mempunyai keunikan tersendiri meskipun sama-sama berada di tanah yang tinggi, embung nglanggeran mempunyai background gunung api purba sedangkan embung batara adalah embung tertinggi di jogja pastinya untuk menuju kesana harus melewati banyak tanjakan.

17. Kalikuning dan Kaliurang

foto-prewedding-kalikuning-jogja

www.yuliaslovic.com

Lereng gunung merapi yang sejuk dan hijaunya pepohonan disekitar kalikuning juga menyuguhkan banyak tempat-tempat menarik. Musim setelah hujan biasanya akan banyak muncul alang-alang liar disekitar kalikuning yang bisa dimanfaatkan sebagai objek foto prewedding..

18. Malioboro dan Titik 0 KM

Foto: instagram.com/wikilee

Foto: instagram.com/wikilee

Jika menyukasi konsep yang ramai / di tempat umum , maka foto prewedding di jalanan malioboro bisa menjadi pilihan.
Ditambah dengan menggunakan properti yang ada disekitarnya seperti andong, becak, lampu-lampu kota, atau bahkan kemacetan mungkin :p

 

 

 

 

Lokasi Berbayar

19. Tamansari & Pulo Cemeti

foto prewedding tamansari

Foto: www.poetrafoto.com

Ada banyak spot menarik di sekitar tamansari yang sering digunakan untuk foto prewedding seperti, di masjid bawah tanah, pulo cemeti, lorong menuju masjid bawah tanah, dan water castle.

pastikan kondisi disana tidak bertepatan dengan musim liburan, karena bakalan banyak lalu lalang pengunjung yang bisa mengganggu anda.

 

 

 

 

 

20.  Candi Plaosan

foto preweddingcandi plaosan

Foto: www.poetrafoto.com

Candi plaosan berada di sebelah timur candi prambanan, sudah berada di kabupaten klaten. Bentuk candi yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup bagus menggunakan lensa wide untuk berkonsep di area candi.

21. Candi Ratu Boko

foto prewedding candi ratu boko jogja

Foto: www.valianphotography.blogspot.com

Menurutku Candi Boko ini candi yang paling asyik untuk foto prewedding diantara cadi-candi yang lain. selain lokasinya yang cukup luas juga lokasinya berada diatas bukit yang membuat candi ini cocok juga untuk menanti matahari terbenam.

22. Abhayagiri Restaurant

Foto: www.suryopras.com

Foto: www.suryopras.com

Sebuah bukit yang penuh kedamaian (Abhayagiri) ,berlokasi tak jauh dari candi Ratu Boko dan candi prambanan. Resto yang saya kira sangat indah di semua spotnya, sangat layak untuk anda coba.

23.  Rumah Paris

Foto: www.kadekarini.com

Foto: www.kadekarini.com

Rumah paris berada di jalan parangtritis dekat dengan rumah budaya tembi bantul. sebuah homestay yang lucu dan unik serta jarang ditemui oleh masyarakat Indonesia karena memiliki dekorasi vintage dan membuat Anda merasa seperti berada di rumah-rumah di Eropa. tinggal tancap gas, karena semua properti warna-warni sudah ada disana.

24.  Benteng Vredeburg

foto prewedding benteng vredeburg jogja

Foto: instagram.com/ratriimage

Bangunan peninggalan belanda yang masih terawat degan baik saya kira hanya ini saja yang ada di jogja jadi sudah pasti akan dikenakan biaya tambahan disini.

 25. Sengaja di kosongkan 😛

 

 

3 Comments

Leave a Comment