Techno

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan GotoWebinar ?

Didalam webinar ada yang namanya Organizer, Panelist, Presenter, dan attendees. Nah apa saja yang bisa dilakukan oleh ke 4 oknum tersebut, kita akan bahas satu persatu.

Organizer

organizer ini ibaratnya super admin atau orang yang mengontrol semua aktifitas dalam kegiatan webinar tersebut. mulai dari mengontrol Mic para peserta, menampilkan screen/presentasi, mengontrol webcam/kamera para panelist, merecord webinar, dan menerima chat/question. Cukup sibuk bukan?
Oleh karena itu organizer bisa dilakukan lebih dari 1 (satu) , caranya dengan memilih salah satu attendees lalu klik kanan –> pilih Make organizer.

Panelist

Status Panelist disini artinya kita bisa mengaktifkan webcam/kamera saja. Share screen masih belum bisa. Jumlah panelist didalam gotowebinar dibatasi hanya sampai berjumlah 6 saja.

Presenter

Status presenter ini artinya kita bisa mengaktifkan webcam / kamera dan menshare screen komputer kita. sehingga aktifitas di layar komputer kita bisa dilihat oleh para attendees.

Attendees

Attendees adalah para peserta yang mengikuti webinar tersebut. Dia hanya bisa melihat dan mendengarkan para narasumber saja karena posisi mic secara default adalah ter-mute. Dan apabila akan mengajukan pertanyaan bisa mengklik icon Raise hand pada panel webinar, maka si organizer akan memberikan hak berbicara pada attendees dengan membuka microphone si peserta.

Contoh tampilan webinar:

webinar1

Panel webinar (Organizer)

webinar2

Berikut adalah keterangan pada panel webinar, tidak semua dapat dijelaskan disini, silahkan dicoba-coba sendiri untuk mengetahui lebih detil

  1. Tombol Microphone & Camera: tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan komponen mic dan kamera kita. Warna hijau artinya dalam keadaan aktif.
  2. Not attentive: artinya si peserta sedang membuka program lain, misal disambi browsing atau mengerjakan pekerjaan lain sehingga aplikasi webinar ini tertutupi.
  3. Raise hand: artinya ada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan
  4. Questions: semua chat pertanyaan dari attendees masuknya kolom ini.
  5. Handouts: ini adalah termasuk fitur baru di gotowebinar, yaitu kolom untuk file sharing.
  6. Chat: tempat kita melakukan chatting antar personal maupun keseluruh peserta sekaligus.
  7. Staff: dikolom ini tempatnya para organizer, panelist, dan presenter.

Kendala yang sering dihadapi:

  • Internet yang kadang tidak stabil, sehingga audio menjadi terputus-putus.
  • Apabila koneksi internet mati total, GotoWebinar masih bisa bertahan selama 5 menit untuk menunggu internet kembali terhubung sehingga sesi masih bisa dilanjutkan dan apabila toleransi waktu 5 menit tersebut internet belum juga terhubung maka sesi webinar akan dianggap selesai dan harus membuat schedule dari awal lagi.
  • Audio yang tidak keluar (biasanya karena pemasangan system audio yang belum tepat)
  • Screen delay, ini wajar karena faktor kondisi internet.

 

1 Comment

  • Citrix XenApp adalah penghantaran solusi aplikasi on-demand yang memungkinkan aplikasi Windows apa saja bisa di virtualisasi , disentralisasi dan dikelola pada datacenter, dan secara seketika dikirimkan kepada pengguna dimana saja dan dengan peralatan apa saja sebagai jasa.

Leave a Comment