Dolan

Berkeliling Sejenak di Pantai Pink Lombok Timur

pantai pink lombok timur

Pantai pink atau pantai tangsi memang jauh dari pusat kota Lombok karena letaknya di Lombok timur dan hampir paling ujung dari pulau Lombok ini. Disebut pantai pink karena pasirnya agak berwarna pink, saya sebut ‘agak’ karena kadar pinknya sedikit. Pantai yang berpasir pink seperti ini juga bisa ditemui di taman nasional komodo di NTT.

Untuk menuju ke pantai pink membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari senggigi, kebetulan penginapan saya berada di daerah senggigi. Tak ada transportasi umum untuk menuju kesana, dan memang cara termudah untuk berkeliling Lombok harus menyewa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor yang sudah banyak tersedia di senggigi.

Sekali lagi saya tekankan jika ingin berkeliling di pulau Lombok jangan pernah menggunakan kendaraan umum jika tak ingin dipalak preman atau dimakan calo (hasil dari pengalaman pribadi)

Kenapa saya berencana Ke pantai pink, karena harapannya dalam sehari itu saya dapat beberapa tempat mulai dari pantai pink, tanjung ringgit, jeeva beloam klo bisa masuk, tanjung ringgit, pantai kuta, dan desa sade. Namun semua itu kandas gegara hujan di sore hari yang merusak liburan terakhir saya di Lombok.

Kondisi jalan menuju pantai pink sangat beraneka rupa mulai dari jalan beraspal, aspal berlubang, jalan berbatu, jalan tanah, sampai jalan berlumpur, beruntung saya kesana tidak pas musim hujan jadi masih aman dari jebakan lumpur.

Selama perjalanan selalu berpapasan dengan kerbau berkeliaran dimana-mana, terkadang juga sesekali muncul monyet nongkrong di tengah jalan yang klo gak di klakson gak mau minggir. Suasana seperti ini mengingatkan saya pada saat perjalanan di taman nasional baluran.

Retribusi masuk ke pantai pink dikenakan 10.000 rupiah saja. Disana belum ada banyak warung sehingga wajib membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Tiba di pantai pink sudah terasa sangat panas menyengat, untungnya disana banyak pohon-pohon peneduh yang bisa dimanfaatkan untuk parkir kendaraan.

Sekilas pantai ini biasa saja seperti pantai-pantai pada umumnya di Lombok, hanya saja banyak ranting-ranting pohon yang berserakan di tepi pantai, alangkah indahnya pantai ini jika ada orang yang bersedia turun tangan membersihkan tumpukan ranting yang terhempas ombak ini sehingga pantai lebih bersih dan seger di pandang mata.

pantai pink lombok

pantai pink lombok

pantai pink lombok

1 Comment

  • Tidak berhenti di situ, keindahan alam bawah laut Pantai Pink juga sempurna dengan adanya terumbu karang dan hewan-hewan lautnya. Dengan ombak yang tenang, snorkeling menjadi kegiatan yang pas di pantai ini. Tetapi sayang, beberapa gugusan terumbu karang sudah mulai rusak karena aktivitas nelayan setempat.

Leave a Comment