Jepret

Bermain-main dengan Lensa Helios 58mm f2 + Sony A6000

Jika anda penggemar lensa manual pastinya tau lensa yang satu ini. Helios 58mm f2 , lensa yang cukup legendaris dan sangat mudah ditemukan di lapak jual beli online. Secara harga juga cukup bervariasi tergantung kondisinya, mulai dari 400rb sampai diatas 1 juta.

Lensa buatan Rusia ini merupakan tiruan dari Carl Zeiss Biotar 58mm f/2, yang mana Carl Zeiss sendiri asli buatan jerman. Kala itu jerman terpecah menjadi beberapa bagian, salah satunya dikendalikan oleh Rusia sehingga beberapa perusahaan Jerman dipaksa untuk menyerahkan paten dan desain kamera milik mereka.

Ada banyak seri dari lensa Helios 58mm ini dari generasi ke generasi seperti seri 44, 44-2, 44M-3, 44M-4, 44M-7 dan masih banyak lagi karena saya tidak hapal keseluruhan serinya.

Sebelumnya saya juga sudah memakai lensa manual seperti Lensa Optomax 135mm yang saya sandingkan dengan body Nikon. Nah sekarang giliran lensa Helios 58mm ini sengaja saya kawinkan dengan body Sony A6000 dengan bantuan adapter M42 to NEX . saya sengaja melakukan kawin silang seperti ini hanya untuk mencari sesuatu yang baru dan menghilangkan rasa bosan.

Mengapa saya menggunakan mirrorless ini untuk lensa manual/lama ? Karena dengan flange distance yang sangat pendek (jarak antara sensor dan lensa), maka kamera mirorrless bisa memakai lensa apapun, tentunya dengan tambahan adapter yang tepat.

Selain itu dengan menggunakan lensa lama/manual di kamera mirrorless akan terasa lebih mudah karena pada mirrorless terdapat fitur Peaking level dan Peaking color yang akan memudahkan kita untuk mencari titik focus yang pas.

Saya suka menggunakan lensa Helios ini karena Bokehnya, biasanya selalu saya pakai dengan latar pepohonan atau dedaunan untuk mendapatkan bokeh yang swirly sesuai dengan ciri khasnya. namun katanya bokeh swirly yang paling bagus ada pada generasi 44M-3, entah benar atau tidak yang pasti pada generasi itu saya mungkin belum lahir 😀

Seperti biasa saya tidak akan mereview lensa ini lebih mendalam karena pastinya sudah banyak reviewer diluar sana yang lebih paham tentang teknisnya. Saya lebih suka pamer hasil foto dan Biarkan foto yang berbicara.

Helios-pohon


Helios 58mm orchid

helios 58mm

1-helios58mm

4-helios58mm.jpg

3-helios58mm.jpg

helios 58mm 44-7

helios 58mm 3

helios 58mm 2

 

 

Leave a Comment