Dolan

Berselancar di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai pulau merah atau pantai pulo merah adalah pantai tujuan berikut saya saat berada di banyuwangi. Terletak di Kecamatan Pesanggaran sekitar 2.5 jam dari kota banyuwangi, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dan ojek.

Disebut pulau merah karena ada sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai, bukit ini bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut, mungkin inilah icon dari pantai pulau merah karena pulau kecil inilah yang paling menonjol disini.

Pantai ini terbentang sepanjang tiga kilometer, cukup luas dan panjang untuk rekreasi keluarga. Setiap sore banyak aktifitas selancar (surfing) yang dilakukan oleh warga lokal maupun turis asing dengan ombak yang cukup tinggi sekitar 3 -5 meter. Cukup ideal untuk berselancar karena pantai ini berbentuk teluk, bahkan acara surfing berkelas internasional pernah di selenggarakan disini.

Anda bisa menyewa papan selancar seharga mulai 25rb sampai 50rb sepuasnya, dan yang bikin nyaman disini adalah karena tidak adanya pedagang asongan yang wara-wiri sehingga pantai juga nampak bersih dari sampah plastik. Seandainya kotorpun juga berupa ranting-ranting pohon dari muara sungai.

Dipantai ini juga sangat cocok menyaksikan matahari terbenam (sunset) karena posisi pantai yang menghadap ke selatan serong ke barat. Sempat berpapasan juga dengan turis asal inggris dan jerman yang tengah tiduran dipantai sambil bercengkerama menanti tenggelamnya matahari.

Pantai pulau merah di Banyuwangi

Pantai pulau merah di Banyuwangi

sunset di Pantai pulau merah di banyuwangi

Pantai pulau merah

sunset di Pantai pulau merah di banyuwangi

Mendung

Leave a Comment