Techno

Cara Cepat Mendesain Kalender Dengan Ms Excel dan Photoshop

Jaman sekarang mendesain sebuah kalender bukanlah sesuatu yang sulit dan lama, meskipun harus bermain dengan banyaknya angka-angka, karena saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan templatenya secara gratis dengan berbagai format sesuai dengan kebutuhan kita, salah satunya adalah Microsoft excel. setelah terbentuk format kalender yang sesuai maka bisa kita kolaborasikan dengan Adobe Photoshop maupun Corel Draw untuk menyempurnakan layoutnya.

Menjelang pergantian tahun / tahun baru, biasanya banyak perkantoran, perusahaan, industry, maupun sekolahan pada sibuk mengumpulkan foto-foto hasil kegiatan mereka, tentunya foto-foto untuk dipasang di kalender tahun baru mereka bukan untuk di upload di instagram.

Nah kebetulan saya diminta untuk membuatkan sebuah kalender oleh teman saya, dengan deadline cuma 2 hari. emmm… waktu yang cukup ketat, yang jadi masalah bukan waktunya namun lebih karena sebuah desain yang menarik itu selalu membutuhkan ide segar dan ide itu munculnya tidak bisa dipaksakan.

Lalu untuk melayoutnya mengapa pakai photoshop? Yaa karena saya bisanya photoshop 😛
langsung cekidot saja keburu tahun baru monyet!

Step 1
Masuk ke akun google anda lalu klik link berikut https://docs.google.com/spreadsheets
pilih more untuk menampilkan semua template yang tersedia pada spreadsheets tersebut lalu  pilih calendar 2016

spreadsheet


Step 2
pada template kalender 2016 tersebut editlah sesuai keinginan anda, misal menandai warna merah pada hari libur nasional atau memberi warna orange pada semua hari minggu pada setiap bulan.

calendar2016
Setelah semua benar-benar selesai barulah kita export ke dalam bentuk PDF.
File –> Download as –> PDF document

Pada bagian layout pilih portrait lalu klik Export

export


Step 3
Buka aplikasi photoshop, masukkan / drag file PDF tadi ke dalam photoshop.

Step 4
Buat dokumen baru pada photoshop, tekan Ctrl+N
Pilih preset : International paper lalu size: A3  , seperti gambar dibawah

paperA3
Drag / seret file PDF tersebut ke dalam dokumen A3 , lalu tekan Ctrl+T untuk meresize dokumen calendar agar terlihat proporsional dengan dokumen A3, jika selesai tekan Enter

resize-dokumen

Pada dokumen tersebut masih tersisa sedikit ruang dibagian atas, Nah.. sisa ruang kosong tersebut yang akan kita isi sesuai dengan kreasi kita. Disini Saya anggap anda sudah mahir dalam bermain-main dengan photoshop, sehingga hasil akhir bisa dilihat seperti dibawah.

resize-dokumen