Techno

Cara Menghentikan Spam Link Refferal Guardlink.org di Google Analytics (GA)

Setiap seminggu sekali saya selalu mengecek jumlah kunjugan website-website yang saya kelola di google analytics (GA) termasuk website saya, namun akhir-akhir ini ada sesuatu yang membuat saya janggal yaitu munculnya link-link aneh seperti www.guardlink.org/KZRzl1  dan link ini tak hanya muncul di satu website saja tapi di beberapa website yang saya kelola juga muncul link tersebut.

Rupanya link ini adalah spam yang muncul di Google Analytics , spam ini membanjiri data statistik dengan menambahkan data palsu. Dan jika link tersebut di klik maka masuknya ke halaman kosong di website kita 404 error: Page not found

1

Untuk mengatasinya kita harus membuat filter pengecualikan di Google Analytics. Berikut ini langkah-langkah untuk menghentikan guarlink.org di GA anda:

  1. Masuk ke tab Admin di account GA anda
  2. Pilih All filter seperti gambar dibawah

2

  1. Lalu pilih + New filter
  2. Isi seperti urutan gambar dibawah

3

  1. Terakhir klik Save

Setelah selang seminggu melakukan filtering diatas , saya kembali mengecek statistik website saya di google analytics dan link guardlink.org sudah tidak muncul lagi dalam statistik google analytics saya. yang perlu diperhatikan lagi adalah spam bisa jadi menggunakan nama short url lain selain guardlink diatas sehingga perlu pola yang sama untuk mengatasinya.

 

Leave a Comment