Jepret

Light Painting Dengan Steelwool

Lightpainting adalah salah satu teknik fotografi seni melukis cahaya. Salahsatunya seperti gambar diatas dengan bunga api yang indah terpercik kemana-mana. Pertama kali melihatnya “Wuhh keren, apa gak kesetrum tuh orangnya?”

Rupanya setelah saya browsing-browsing tehnik ini menggunakan steelwool, bukan dari percikan aliran listrik yang saya bayangkan sebelumya hho..  steelwool adalah semacam bijih besi yang berbentuk wool yang (katanya) bisa dibeli di toko besi. namun setelah semua toko besi saya datangi malah pada tidak tau apa itu steelwool. justru steelwool sekarang banyak di jual di toko-toko perlengkapan fotografi. saya sendiri beli langsung dari salah satu situs penjual alat photography online yaitu www.camera.co.id

Setelah transfer, barang langsung dikirim, selang dua hari barang datang dengan selamat sampai depan rumah. Begitu sampai dirumah ibu saya terkaget-kaget melihat bungkusan ini, dan dikiranya barang salah kirim, karena dari bentuknya yang dibungkus rapat + lakban warna coklat mirip seperti bungkusan ganja .

Nah.. Peralatan lain yang perlu disiapkan sebelumnya ialah pengocok telur (pilih yang bahanya kuat, jangan sampai sekali pakai langsung penyok), baterai kotak, dan rantai/tali, lalu peralatan fotografi yang anda gunakan seperti kamera , lensa wide-angle, dan tripod, tutorial lebih jelasnya bisa dilihat di youtube tentang teknik memainkan steelwool ini.

Bagian yang tidak mengenakkan disini adalah karena saya selalu menjadi actor pemutar steelwool. Percikan steelwool yang terbakar akan menghasilkan bunga api atau cahaya yang menarik. Cocok di mainkan disaat malam hari atau di tempat yang gelap atau di sebuah bangunan kosong yang bebas dari bahan yang mudah terbakar. Sudah banyak kreasi hasil foto yang dihasilkan dari teknik ini. Utamakan keselamatan diri anda dan lingkungan sekitar .

light-painting-steelwool-2

di bangunan rumah kosong tepi pantai

light-painting-steelwool-3

light-painting-steelwool

Lokasi di Pantai Kesirat Gunungkidul

 

Leave a Comment