Dolan

Mampir Sejenak ke Pantai Papuma dan Payangan di Jember

Hari terakhir di kota Jember saya mencoba menyempatkan diri menengok ke pantai-pantai yang ada di selatan kota jember, diantaranya ada yang paling poluler yaitu Pantai Papuma dan Pantai Payangan. Kedua pantai ini memang bersebelahan dan hanya berjarak 4.6 km atau sekitar 15 menit saja.

Karena pantai papuma cocok untuk motret sunrise maka pagi-pagi buta saya harus sudah bangun meski harus berjuang melawan mata yang super lengket.

Pukul 03.00 pagi saya dengan dua orang teman sudah bersiap didepan gerbang tempat saya menginap, namun ternyata pintu gerbang masih di gembok sementara satpam pun juga tak ada dilokasi, alhasil kudu telepon sana-sini cari pegawainya, ketok pintu sana-sani pula serasa bangunin orang sahur!.

Setegah jam kemudian si pegawai keluar dengan iler masih membasahi bibir sambil membawa segepok kunci. Akhirnya Pukul 03.30 kita berhasil keluar juga menuju pantai papuma dengan hawa dingin berselimut kabut menusuk relung hati.

Pantai Papuma

Cuma butuh waktu 1 jam untuk sampai ke pantai papuma yang berjarak 39.5 Km dari kota Jember, pantai ini terletak di desa Lojejer ,Wuluhan, Jember. untuk tiket retribusi dikenakan Rp. 15.000,- . …….hemmm, ini cukup mahal menurut saya.

Pantai papuma memang sangat cocok untuk para pengejar sunrise dengan kontur pantai yang penuh dengan bebatuan sehingga ada kesan variasi dalam foto landscape. Dibelakangnya ada sebuah bukit yang merupakan spot yang paling cocok untuk memperoleh sudut pandang yang lebih luas namun harus waspada jika tiba-tiba ada monyet yang sewaktu-waktu bisa mencopet bekal anda.

Pantai Payangan

Jika kita liat di instagram, maka pantai payangan ini adalah yang paling nge-Hitz dan Kekinian diantara pantai-pantai lain di Jember. Bagaimana tidak , liat saja nama-nama spot yang ada disana seperti: puncak seribu janji, puncak asmara, teluk love, dan puncak menanti kepastian, entah itu semua maksudnya apa, silahkan diterjemahkan sendiri.

Pantai Payangan terletak di dusun Payangan desa Semberejo kecamatan Ambulu Jember Jawa Timur, mempunyai 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulau, diantara bukit-bukit ini kita bisa melihat Teluk Love karena hampir berbentuk love, lebih tepatnya lagi setengah love alias cintanya belum serius :p ,entah itu maksudnya apa saya juga tidak tau, saya sedang nulis ngawur 😡

Jarak antar bukit ke bukit lumayan cukup jauh dan menguras tenaga apalagi ditambah dengan sengatan sinar matahari, untuk naik keatas bukit-bukit tersebut cukup bayar Rp. 5.000 saja sebagai uang kebersihan tapi tidak apa karena tempatnya memang bersih dan rapi cocok juga untuk camping . Hanya saja perlu di tambah lagi pohon-pohon perindang agar tidak terlihat gersang, semoga postingan ini dibaca oleh pihak yang berwenang #haiyaaah!

sunrise pantai papuma

sunrise pantai papuma

papuma-sunrise

Silhouette pantai papuma

Silhouette pantai papuma

icon pantai papuma

icon pantai papuma

Menuju bukit sambuja

Menuju bukit sambuja

Jalur pendakian

Jalur pendakian

Perahu nelayan

Perahu nelayan

pantai-payangan-2

Tempat leyeh-leyeh

Tempat leyeh-leyeh

payangan-jember

puncak-seribu-janji

 

Leave a Comment