Techno

Memanfaatkan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Gotowebinar

Webinar yaitu singkatan dari web-seminar, apa itu web seminar / webinar?
Webinar adalah system atau teknologi seminar jarak jauh menggunakan web baik perseorangan maupun berkelompok untuk saling berdiskusi, presentasi , dengan dukungan audio visual tanpa adanya tatap muka secara langsung.

Saat ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat maka untuk memperoleh suatu ilmu atau pengetahuan baru tidak perlu jauh-jauh ke tempat kursus atau ketempat penyelenggara suatu seminar tertentu di kota-kota besar.

Dengan memanfaatkan tenologi webinar kita dapat terhubung antara penyelenggara seminar/kursus dengan para peserta yang tersebar di seluruh indonesia maupun dunia dengan terkoneksi internet. Hal ini juga dapat mengurangi beban biaya perjalanan yang mahal mengingat letak geografis indonesia yang berpulau-pulau, sehingga dengan system ini cukup murah dan mudah dilakukan oleh siapapun dimanapun.

Ada banyak aplikasi-aplikasi webinar yang paling populer digunakan saat ini, seperti GoTowebinar, Webex, OnStream webinar, AdobeConnect, dan masih banyak lagi, semua aplikasi webinar tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. namun untuk kali ini yang akan kita bahas cukup satu saja yaitu GoTowebinar.

Lebih lengkap mengenai aplikasi webinar terbaik tahun 2015 silahkan klik disini

Gotowebinar

Gotowebinar adalah aplikasi webinar yang paling sering saya gunakan , bukan berarti yang paling baik diantara lainnya namun karena saya anggap yang paling ringan dengan kondisi internet di indonesia yang belum cukup baik. Pertimbangan lain karena saya lebih sering berinteraksi dengan orang-orang daerah di seluruh pelosok indonesia yang bahkan kondisi listrik saja masih Byaaar Pet!

Silahkan kunjungi website www.gotowebinar.com Untuk berlangganan atau sekedar mencoba trial saja. Jumlah kapasitas peserta yang diberikan gotowebinar cukup banyak mulai dari up to 100 attendees, up to 500 attendees, sampai up to 1000 attendees.

Dengan mencoba trial saja sudah cukup lumayan karena sudah diberikan kapasitas up 100 attendees dengan fitur-fitur yang sama persis dengan yang berbayar hanya saja trial dibatasi sampai 30 hari . apabila masa trial habis masih bisa menggunakan akun trial lagi tentunya dengan email yang berbeda 😀

Pengalaman terbanyak saya adalah menyelenggarakan webinar dengan jumlah peserta hampir 200 orang, cukup melelahkan juga mengontrol orang sebanyak itu namun pada bab selanjutnya akan saya berikan trik untuk mengontrol jumlah attendees sebanyak itu.

Membuat schedule & membagi link undangan webinar

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyelenggarakan webinar adalah membuat link undangan webinar, contoh seperti gambar dibawah

shedule-webinar

Keterangan:

  1. Schedule a webinar, klik untuk membuat jadwal webinar lalu isikan data seperti Title, tanggal, start time, end time, dan webinar timezone
  2. Contoh Agenda/jadwal webinar yang sudah dibuat

Setelah selesai kita membuat jadwal webinar maka langkah selanjutnya adalah menshare link webinar kepada peserta webinar baik berupa Link maupun ID webinar

share-link-webinar

Keterangan:

  1. ID webinar
  2. Link webinar

 

1 Comment

Leave a Comment