Dolan

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Gunung merbabu adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali yang memiliki ketinggian 3.145 meter diatas permukaan air laut. Merupakan salahsatu gunung yang tak pernah sepi dari para pendaki, karena gunung yang sudah lama tak aktif dan merupakan gunung favorit saya untuk pendakian.

Terdapat beberapa jalur untuk mendaki ke gunung merbabu, salahsatunya jalur selo yang paling banyak diminati oleh para pendaki karena kita akan melewati padang rumput yang luas, hutan edelweiss yang mulia, juga bukit-bukit berbunga yang sangat indah, seperti kamu… iyaa kamuu!.. :3

Pada akhir bulan juni kemarin saya menyempatkan diri untuk mendaki gunung merbabu, karena musim yang sedang bersahabat dan malam yang selalu cerah dengan kilauan bintang-bintang. Seperi biasa saya selalu cari barengan via twitter dengan hastag #planmerbabu atau #planmerapi atau #plan #plan yang lain yang sering dipakai para netizen untuk cari barengan ngetrip.

Sampai akhirnya ketemu juga dengan beberapa orang yang berniat mendaki ke merbabu. tak banyak sih cuma berjumlah tujuh orang dengan asal daerah yang berbeda-beda namun rata-rata mahasiswa dan sayangnya cowok semua. Kita sepakat berangkat pukul 21.00 dari Selo, meskipun tak saling kenal tapi inilah nikmatnya naik gunung dengan para pendaki lain karena antar pendaki memiliki solidaritas yang tinggi, saling menolong, rajin menabung, dan saling bertegur sapa.

Pendakian ke gunung merbabu memakan waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke padang savana yang biasa dipakai untuk ngecamp dan tempat peristirahatan  karena tempatnya yang luas dan sejuk. Sementara untuk sampai ke puncak butuh waktu sekitar 2 jam lagi dengan kondisi jalur yang lebih menanjak dan tak manusiawi, namun tenang saja pemandangan diatas semakin indah dengan lekuk-lekuk tubuh merbabu yang hijau berseri dipagi hari.

Dipuncak merbabu kita bisa melihat puncak-puncak yang lain seperti puncak tetangga sebelah Gunung Merapi, lalu gunung Lawu disebelah timur, gunung kembar Sumbing Sindoro di barat dan gunung Slamet kalau pas bejo.

Biasanya diatas pukul 10.00 awan putih sudah mulai nongol dan berkoalisi mulai menutup puncak-puncak gunung termasuk gunung merbabu, serta kabut yang datang dan pergi dengan cepat sekali. Semoga musim depan masih bisa bertemu dengan puncak merbabu yang masih asri dan terjaga dari tangan jahil manusia maupun bencana alam kebakaran.

gunung merbabu

Merapi dari gunung merbabu

gunung merbabu

Sabana gunung merbabu

gunung merbabu

Lautan awan

gunung merbabu

2 Comments

Leave a Comment