Dolan

Penjelajahan Singkat ke Pulau Paserang di Sumbawa

Pulau paserang terletak tidak jauh dari pelabuhan pototano lebih tepatnya di sebelah barat pototano. Dari kenawa pulau ini pun masih kelihatan dan hanya menghabiskan kurang dari satu jam perjalanan.

Waktu yang tepat untuk ke pulau ini adalah disaat pagi hari ketika ombak belum terlalu besar. apabila anda seorang pawang ular sejati, mampirlah ke pulau ular yang tak jauh juga dari kenawa. Konon dipulau kecil yang penuh batu ini ada banyak ular pada nongkrong di tepian menanti pawangnya

Pulau paserang ini wajib anda kunjungi jika anda sedang berada di kenawa. sangat cocok untuk camping, hanya saja saya masih belum menemukan lokasi camping yang nyaman ada dimana, karena hampir semua area penuh dengan semak belukar yang rimbun, dan pasti akan ada banyak reptile yang ngumpet disini.

Ditengah pulau ini terdapat sebuah bukit yang lumayan luas, disitu sudah dibuat jalan setapak berupa tatanan konblok untuk memudahkan berjalan mengelilingi bukit. Dari atas bukit kita bisa melihat pemandangan sekeliling pulau dengan air laut yang tenang diiringi suara-suara burung bersiul.

Sama dengan pulau kenawa, pulau paserang juga sepi tak ada apa-apa , namun masih mending karena sudah ada beberapa bangunan yang bisa disewa untuk menginap bila anda tidak ingin ngecamp. Sebenarnya pulau ini banyak menarik para investor, namun sampai saat ini masih belum ada perkembangan apapun.

Yang tak kalah menarik disini adalah keindahan bawah lautnya, bagus untuk snorkeling di pagi hari dengan banyaknya ikan berwarna-warni disekitar dermaga , tangan kita cemplungkan ke air saja ikan sudah pada mendekat serasa kolam pribadi.

Walapun penjelajahan saya sangat singkat disini, tapi ternyata ada untungnya juga, karena saya sudah tidak tau lagi mau mengapain disini. Keringat sudah mengucur deras segede toge dari leher sampai dada karena diam-diam pulau ini sangat panas bahkan tak ada ponon besar satupun untuk berteduh…

Akhirnya tengah hari saya memutuskan untuk kembali ke pototano, resiko yang harus dihadapi adalah ombak dan angin yang sudah besar, perahu sesekali terhempas oleh ombak dari segala arah, cukup membuat saya sedikit senam jantung karena saya tidak pernah menghadapi kondisi dilaut seperti ini, untungnya saya orang yang kuat menghadapi kenyataan :3

Dermaga pulau paserang sumbawa

Dermaga pulau paserang sumbawa

pulau-paserang

Dermaga pulau paserang

bukit-pulau-paserang

langit-biru-pulau-paserang-sumbawa

 

Leave a Comment