Dolan

Puncak Giri Sarangan, Tempat Asik Menikmati Sunset di Gunungkidul

Puncak giri sarangan ini terletak tidak jauh dari pantai sarangan lebih tepatnya berada di sebelah baratnya. Jika belum tau pantai sarangan maka pantai sarangan ini ada di sebelah baratnya pantai krakal yang hanya dipisahkan oleh sebuah tebing saja.

Memang pantai-pantai di gunungkidul ini meskipun saling bersebelahan namun sudah memiliki nama yang berbeda hanya karena dipisahkan oleh sebuah tebing, jadi jangan heran jika ada pantai yang sangat kecilpun punya nama, contohnya pantai slili yang diapit oleh dua tebing karang letaknya diantara pantai sadranan dan pantai krakal.

Kontur Gunungkidul yang berbukit-bukit dan bertebing-tebing di pesisir pantainya membuat puncak-puncak seperti ini sangat banyak dijumpai membentang dari paling barat hingga ke ujung timur gunungkidul, seperti parang ndog, tebing bekah, tebing kesirat, parang rucuk, pantai ngobaran, puncak kosakora, dan masih banyak lagi.

Melihat perkembangan pesisir selatan gunungkidul yang semakin hari semakin berbenah dan makin banyaknya investor yang masuk maka bakalan banyak puncak-puncak semacam ini yang akan digarap. Semoga saja tetap bisa dinikmati untuk konsumsi publik dan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Untuk menuju giri sarangan bisa menggunakan kendaraan bermotor atau jalan kaki karena jalan sudah di cor halus. Sudah sangat berbeda ketika beberapa tahun lalu saya kesini yang mana masih banyak batu-batu tajam berserakan dimana-mana.

Jika menjelang sore puncak giri sarangan ini menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun warga sekitar untuk menikmati angin sore.

Satu hal yang sebenarnya menurutku agak risih, seharusnya kendaraan bermotor cukup diparkir dibawah saja tidak perlu dibawa naik karena diatas tidak tersedianya lahan untuk parkir motor sehingga membuat suasana menjadi tidak teratur, kurang sedap dipandang mata 🙂

2 giri sarangan

1 giri sarangan

puncak giri sarangan 2

 

 

4 Comments

Leave a Comment