Dolan Jepret

Sony AS100VR, Sahabat Setia Petualanganku

sony HDR AS100VR

Rasanya judul diatas sangat aneh sekaligus menjurus ke lebay, tapi itu kenyataan, sejak kehadiran kamera action cam dari sony ini kemana-mana selalu saya bawa meskipun sedang tidak action di lapangan.

Saat ini sangat banyak muncul kamera action cam baru sejak boomingya gopro, mulai dari gopro sendiri, sony, brica B-pro, Drift, Genius, SJCam, sampai Yi Camera buatan xiaomi yang akan menyaingi gopro (katanya).

Saya pilih Sony AS100VR

Pada saat itu (tahun 2014) entah bulan apa saya lupa, sedang langka kamera gopro. Padahal saya sedang butuh action cam untuk aktifitas blusukan saya seperti naik gunung, bersepeda, karaoke, dll. Saya coba cari di berbagai toko online sampai forum jual beli dan mall, tak ada satupun yang ready stock. Itu berlangsung hingga berminggu-minggu membuat saya semakin galau.

Sampai akhirnya saya disarankan oleh salah satu toko kamera untuk mencoba merk Sony AS100VR yang sama hebatnya dengan gopro, dengan harga yang saat itu setara dengan Gopro Hero 3+ Black edition.

Saat itu juga saya browsing sejenak mencari reviewnya dan keinginan untuk membeli masih setengah hati karena masih minim para penggunanya. Namun sejak dulu saya adalah pengguna setia sony mulai dari Handphone sony Ericsson W 810, sony Ericsson neo V, dan sekarang Sony Xperia, tak ada sekalipun produknya yang mengecewakan hingga akhirnya saya putuskan untuk membeli Sony HDR-AS100VR.

Bentuknya agak lonjong memanjang berbeda seperti action cam pada umumnya yang berbentuk kotak, beratnya hanya 92 gram. Karena bentuknya yang pipih, sehingga dapat di tempel di berbagai tempat untuk kegiatan extreme, termasuk saya ikatkan pada potongan ranting pohon sebagai pengganti tongsis :3

Saat pembelian, kamera ini sudah dipaketkan dengan live-view remote, beberapa mounting untuk dipasang di tripod atau media lain, kabel data, dan waterprof case.

Spesifikasi lengkapnya tidak akan saya ulas lebih lanjut karena sudah banyak yang mereview tentang action cam sony ini. Disini saya cuma ingin berbagi pengalaman ,kepuasan , dan pamer foto hasil jepretan Sony AS100VR saja :p

Karena bagi saya mereview suatu produk tanpa disertai hasilnya itu sama saja bo’ong, jadi biarkan yang lain mereview saya hasilnya.

Sampai saat ini saya cukup puas dengan hasil foto maupun video dari Sony AS100VR.  Beberapa kali saya juga membuat video timelapse dengan cation cam ini hasilnya juga cukup bagus. Berbagai aksesorinya yang lengkap juga memudahkan untuk operasionalnya.

Seri terbaru dari sony action cam saat ini adalah Sony FDR-X1000VR 4K dengan harga kisaran 8 juta. Bagi anda yang sekarang sedang bimbang memilih kamera action cam mana yang cocok, mungkin sony bisa menjadi pilihan tepat bagi orang yang anti mainstream.

Foto-foto dibawah dijepret menggunakan Sony HDR AS100VR dalam kondisi terbungkus waterprof case’nya.

1 Sony HDR AS100VR

Puncak Gunung Merapi

Sony HDR AS100VR

Pulau Kenawa Sumbawa

Sony HDR AS100VR

Pulau Kenawa Sumbawa

Sony HDR AS100VR

Pantai Pink/Tangsi Lombok Timur

Sony HDR AS100VR

Embung Nglanggeran Gunungkidul

 

Leave a Comment